Minggu, 29 Maret 2015

Mengenal bahasa Komputer atau bahasa pemrograman

Pengertian Bahasa Pemrograman

Bahasa komputer adalah merupakan suatu set pemrograman yang digunakan untuk membuat suatu program komputer. Bahasa komputer biasa dikenal dengan nama bahasa pemrograman. Program komputer atau software sendiri adalah suatu set instruksi yang harus dijalankan oleh komputer pada saat komputer dihidupkan atau ketika diperintahkan oleh pengguna komputer. Bahasa pemograman menggunakan kata-kata unik yang menjadi kode untuk menjalankan perintah tertentu pada komputer. Contoh bahasa pemrograman antara lain adalah Pascal, Fortran, Clipper, dBase, Delphi, Basic, Cobol, C++, C#, Java dan lain-lain.
Pengertian Bahasa Pemrograman
Sebuah CPU komputer, dalam hal ini prosesor memiliki sejumlah perintah terbatas dan dikenal dengan nama kode mesin. Kode ini adalah bahasa yang digunakan untuk mengkomunikasikan data dalam komputer. CPU dalam komputer hanya mengenal bahasa ini, tidak dengan bahasa lainnya. Semua bahasa pemrograman harus diubah menjadi kode mesin terlebih dahulu supaya CPU dapat mengolah dan menjalankan perintah yang diberikan oleh program yang dibuat.

Jenis-jenis bahasa komputer

Bahasa komputer dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok esar berdasarkan jenisnya, yakni bahasa mesin (machine language), assembly language dan high level language. Mari kita bahas satu persatu sebagai berikut:
  1. Machine language adalah seperangkat perintah yang dinyatakan dalam bentuk bilangan biner (hanya angka 0 dan 1) yang berfungsi untuk memberikan data dan instruksi bagaimana mengolah data kepada CPU.
  2. Assembly Language adalah bahasa komputer tingkat rendah yang memiliki banyak kode yang membantu memori untuk “mengingat data (informasi). Assembly language juga mengandung seperangkat simbolis yang berhubungan dengan perintah tertentu pada bahasa mesin.
  3. High level language disebut sebagai bahasa komputer tingkat tinggi karena berisi perintah yang dirancang mendekati bahasa manusia. Bahasa ini lebih mudah dipahami dan dipelajari oleh manusia dan digunakan untuk pembuatan program komputer tertentu. Macam bahasa pemrograman sudah kami sebutkan diatas.
Pembuat program atau programmer dewasa ini banyak yang menggunakan bahasa komputer tingkat tinggi untuk membuat program-program yang diinginkan karena sangat mudah dipahami. Namun sebelum bisa dijalankan di komputer, program tersebut haruslah diterjemahkan menjadi bahasa mesin terlebih dahulu. Maka dari itu pada perangkat pembuatan program dengan bahasa tingkat tinggi ada bagian yang bernama compiler. Tugas bagian ini adalah menerjemahkan perintah pada bahasa tingkat tinggi menjadi bahasa mesin, sehingga CPU dapat mengolah data berdasarkan perintah tersebut.

Sejarah singkat bahasa komputer

Perkembangan bahasa komputer tentu tak lepas dari perkembangan komputer itu sendiri. Bahasa komputer mulai dikembangkan pada saat penemuan komputer digital pertama, sekitar tahun 1940-an.Bahasa komputer yang termasuk dalam assembly language dikembangkan pada tahun 1950-an karena komputer mulai merambah ranah komersial. Contoh bahasa yang termasuk dalam golongan Assembly ini adalah ForTran (Formula Translation) yang dibuat oleh John Backus pada sekitar 1950-an hingga 1960-an. Kemudian bahasa komputer dengan banyak penyempurnaan mulai dikembangkan seperti COBOL (Common Business Oriented Language) oleh Grace Hopper, LISP (List Proccesing) oleh John McCarthy.
Pada akhir tahun 1960-an muncul sebuah bahasa komputer yang diberi nama SIMULA dan setelah itu perkembangan bahasa komputer semakin pesat. Pada tahun 1970-an muncul banyak bahasa pemrograman yang terkenal, yakni ALOGOL, BASIC, PASCAL, C dan ADA. Perkembangan bahasa komputer semakin berkembang pesat seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahasa yang berkembang adalah BASIC, JAVA, C++ dan PASCAL. Pada awal 1990-an, diperkenalkan istilah IDE (Integrated Development Environment) yang menyatukan bahasa pemrograman dan GUI sehingga membuat program menjadi lebih mudah. Beberapa IDE yang terkenal adalah Visual Basic (bahasa BASIC), Borland Delphi (bahasa PASCAL) dan Eclipse (Bahasa Java). (iwan)

Contoh judul Skripsi Pendidikan Matematika

Contoh Judul Skripsi Pendidikan Matematika. Dear para pengunjung blog Dewi Cinta. Setelah sebelumnya saya berbagi banyak tentang RPP Berkarakter SMP hingga SMA, kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa judul skripsi matematika yang mungkin bisa menjadi contoh bagi teman mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir.

Contoh Judul Skripsi berikut ini saya dapatkan dengan melihat-lihat buku Alumni Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, tempat saya menimba ilmu semasa kuliah dulu. Sebenarnya judul ini telah pernah diterbitkan di blog saya yang ini, juga blog MasBied.com, namun telah terjadi sesuatu hal yang mengharuskan saya untuk mempublish ulang.
Judul-Judul Skripsi ini hanya sekedar judul, saya sama sekali tidak memiliki skripsinya. Kalau ada sahabat yang ingin melanjutkan hasil penelitiannya, silakan cari referensi di Google.
Saya sengaja membagi contoh judul skripsi ini menjadi beberapa bagian artikel, silakan lihat pada artikel terkait di bagian bawah halaman ini untuk melihat link Judul Skripsi Pendidikan Matematika lainnya. 

Contoh Judul Skripsi Pendidikan Matematika


  1. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matriks pada Siswa Kelas XII SMA PGRI Galesong Kabupaten Takalar (Hasma)
  2. Analisis Penerapan Teknik Evaluasi Melalui Illuminative Model dalam meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII MTs. Madani Alauddin Paopao Gowa
  3. Deskripsi Daya Serap Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Trigonometri pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Bulukumba (Ahmad Supriyadi)
  4. Deskripsi Kesulitan belajar Geometri Transformasi pada Mahasiswa Angkatan 2006 Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar (Nazwar)
  5. Diagnosis Kesulitan Penyelesaian Soal Matematika Pokok Bahasan Transportasi pada Siswa Kelas IX MTs. Madani Alauddin Pao-Pao (Rukia)
  6. Efektifitas Metode Pembelajaran Kooperatif Question Students Have dalam meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 2 Kalimporo Kab. Bulukumba
  7. Efektifitas Mind Map terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN 1 Makassar (Fitriani Nur)
  8. Efektifitas Penerapan Learning Start With A Question dalam meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang, Kab. Jeneponto
  9. Efektifitas Penerapan Metode Permainan terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 38 Bonto Perak Kec. Pangkajene Kab. Pangkep (Rosdiana)
  10. Efektifitas Penerapan Model Adaptive help Seeking Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13
  11. Efektifitas Penerapan Model Belajar Groups Galore dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran MatematikaPada Kelas VIIa MTs. Al-Ikhlas Ujung Kab. Bone
  12. Efektifitas Penerapan Model Hipnoteaching Terhadap Peningkatan Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa Dalm Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMPN 13 Makassar
  13. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Aktif Sgn Strategi Buying Into The Course Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIIIa SMPN 1 Tonra Kab. Bone
  14. Efektifitas Penerapan Strategi Pembelajaran Memori Multi Indera dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matetamtika Siswa Kelas VIII SMP Quran Mubarakah Ponpen Darul Aman Gombara makassar
  15. Efektifitas Penggunaan Maple terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Falah Lemahabang Kec. Bone-Bone Kab. Luwu Utara (M. Zainal Abidin) [Download Skripsi]
  16. Efektivitas Metode Drill terhadap Keterampilan Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turatea Kabupaten Jeneponto (Mardiana)
  17. Efektivitas Metode Kumon terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Banggae Kabupaten Majene (Nurfaizah)
  18. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa Kab. Gowa (Nur Asmi)
  19. Efektivitas Penerapan Goal Oriented Evalution Model (GOEM) dalam meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN26 Makassar
  20. Efektivitas Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA MAN 2 Pare-Pare (Muhammad Sukri Rugun)
  21. Efektivitas Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XII IPA MAN 2 Pare-Pare (Muh. Sukri Rugun)
  22. Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Indeks Card Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Lembang Kab. Pinrang
  23. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Elaborasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa Kab. Gowa (Indar Jaya)
  24. Efektivitas Penerapan Teori Van Hiele pada Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok bahasan Geometri Siswa Kelas VIII SMPN 13 Makassar
  25. Efektivitas Penggunaan Model Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XC MAN 1 Makassar (Hilfa A. Manggala)
  26. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 6 Makassar
  27. Hubungan Pemahaman Siswa Kelas IX terhadap Segitiga Kongruen dengan Kemampuan Menghitung Rentang Ruas Garis dan Besar Sudut pada SMP Negeri 25 Makassar (Eka Tri Rahmansyah)
  28. Kesulitan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pokok Bahasan Diagram Alir Siswa Kelas IX SMP Negeri Bontolempengan Kab. Gowa (Ahmad)
Bagaimana? Bervariasi kan?! Oh ya .. salam kenal dari Dicky Prasetya. Moga bermanfaat.
Terima kasih telah berkunjung

Pengertian, struktur, dan penggunaan Program Turbo Pascal

1.         Turbo Pascal adalah Bahasa Pemograman Tingkat Tinggi (High Level Language) yang terkenal dengan pemograman terstruktur dan bernaung di bawah sistem operasi MS-DOS. Adapun Aplikasi Turbo Pascal adalah untuk penanganan Matematika, Database dan Lain lain.
                (http://om-ghund.blogspot.com/2011/03/pengertian-turbo-pascal.html)


2.         Adapun struktur dasar suatu program pascal adalah sebagai berikut :
program ... ; { Program heading }
uses ... ; { Uses clause }
label ... ; { Labels }
const ... ; { Constants }
type ... ; { Types }
var ... ; { Variables }
procedure ... ; { Procedures }
function ... ; { Functions }
begin
statement; { Statements }
...
end


3.            Tahap 1
1.         Pastikan kalian telah memliki aplikasi Dos Box. Nah kali ini Dos Box yang dipakai adalah versi 0.74 yang merupakan versi terbaru.
2.   Buat sebuah folder di Drive C bernama TP7, setelah itu copy seluruh isi folder turbo pascal 7.0 ke folder TP7 itu.
3.      Install aplikasi Dos Box 0.74
4.      Setelah selesai di install, bukalah aplikasi Dos box 
5.      Lalu ketik mount c c:\TP7, lalu enter
6.      Setelah mounting selesai ketik c:, lalu enter
7.      Terakhir ketik bin\tpx.exe, lalu enter.
Tahap 2

Jika program Turbo Pascal sudah dijalankan, ketik seperti berikut ini.
1.      program coba; ,lalu enter
2.      uses crt; ,enter
3.      var nama: string; ,enter
4.      Begin enter
5.      Lalu tab sekali. write('masukan nama anda:'); readln (nama); enter
6.      clrscr; enter
7.      write ('HI',nama, 'apa kabar?'); enter
8.      Hapus tab nya, Terakhir ketik End.
9.      Lalu tekan alt+f, lalu save as ( nama program harus huruf kapital, contoh PROGRAM )
10.  Tekan compile untuk mengubah program tersebut menjadi .exe 
11.  Untuk mencoba program tekan alt+run, lalu run
12.  Jika sudah berhasil ketik apa saja untuk kembali
13.  Kemudian Close Dos Box nya
Tahap 3

Nah untuk menjalankan program tersebut, buka kembali Dos Box nya. Lalu lakukan langkah berikut.
1.      Ketik mount c c:\TP7
2.      Setelah berhasil di mount ketik c:
3.      Ketik nama program yang kalian save, sebagai contoh PROGRAM.exe
4.      Lalu akan muncul pertanyaan " Masukan nama anda? " 
5.      Ketiklah nama anda
6.      Terakhir akan muncul tulisan " hai..... apa kabar? "
Jika sudah sampai pada tahap terakhir, berarti kalian sudah berhasil menggunakan progrma turbo pascal tersebut. Tetapi jika tidak sampai tahap terakhir, maka kalian melakukan kesalahan pada tahap kedua karena tahap 2 sama sekali tidak boleh ada kesalahan dalam hal pengetikkan kode di-atas.

Semoga Bermanfaat

Pengertian Algoritma Pemrograman dan Contohnya

Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah.  Sedangkan Algoritma Pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Dalam pemrograman yang sederhana, algoritma merupakan langkah pertama yang harus ditulis sebelum menuliskan program. Masalah yang dapat diselesaikan dengan pemrograman komputer adalah masalah-masalah yang berhubungan dengan perhitungan matematik.

Hal yang penting dikuasai dalam pemrograman adalah logika berpikir bagaimana cara memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat. Kadang-kadang ada masalah matematika yang sangat gampang jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika diterjemahkan ke dalam pemrograman. Jika menemukan hal seperti itu, maka algoritma dan logika pemrograman sangat penting untuk memecahkan masalah.

Sebagai gambaran, saya mengambil masalah Frekuensi data. Misalnya ada sekelompok data seperti berikut :

2    4    6    7    2    4    6    6    9    3    5    6    4

Secara tertulis, frekuensi data diperoleh dengan cara menghitung banyaknya tiap data dan menuliskan data mulai dari data yang terkecil ke terbesar dalam tabel. Kolom pertama berisi data dan kolom kedua berisi frekuensi masing-masing data.

DataFrekuensi
22
31
43
51
64
71
91

Cukup mudah bukan? Bagaimana jika cara  mencari frekuensi di atas dibuat dalam bentuk program? Cukup sulit karena kita perlu menguasai logika pemrograman. Namun kasus ini akan saya bahasa nanti, jika tidak ada halangan.

Baiklah kita mulai untuk membuat Algoritma pemrograman yang sederhana seperti contoh di bawah ini.
Contoh-1 : 

Buatlah algoritma untuk menghitung frekuensi data seperti pada contoh kasus di atas.

Algoritmanya adalah :
  • Mulai
  • Tentukan banyaknya data (n)
  • Tentukan data sebanyak N
  • Urutkan data secara Ascending (Mulai dari data kecil ke besar)
  • Hitung banyaknya data (frekuensi ) tiap data
  • Tampilkan Frekuensi data dalam bentuk tabel
  • Selesai

Contoh-2 :

Buatlah algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 2x + 6
Algoritmanya adalah :
  • Mulai
  • Tentukan nilai x
  • Hitung nilai y = 2x + 6
  • Tuliskan/cetak Nilai x dan y
  • Selesai
Contoh-3:

Buatlah algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan  y =  4x2 + 8x – 2
Algoritmanya adalah :
  • Mulai
  • Tentukan nilai x
  • Hitung nilai y = 4x2 + 8x -2
  • Cetak nilai x dan y
  • Selesai
Setelah menuliskan algoritma, maka langkah selanjutnya adalah menggambarkan algoritma tersebut dalam bentuk bagan alir yang disebut flowchart. Lihat cara membuat flowchart.

Semoga bermanfaat